Jumat, 10 Juni 2011

Virgin SpaceShip First Feather Flight, Terbang seperti bulu

Inovasi dan ide - ide cemerlang di dunia transportasi memang semakin mengagumkan... ya.. mengagumkan. itulah yang terbersik dalam benak saya ketika menyaksikan video ujicoba pesawat "Virgin SpaceShipTwo's First "Feathered" Flight yang dapat terbang melayang seperti bulu yang tertiup angin.

Kendaraan angkasa yang menjanjikan kenyamanan dan ke amanan bagi penumpangnya adalah miliki Virgin Galactic, perusahaan komersial milik Richard Bronson yang akan membawa turis mengangkasa pada ketinggian suborbit bumi, itu berhasil meng aplikasikan metode terbang melayang seperti bulu.
Metode yang dirancang oleh Burt Rutan itu merupakan inovasi terbesar yang diintegrasikan pada SpaceShip Two. Posisi terbang melayang seperti bulu itu dapat dicapai ketika pesawat memutar bagian ekornya ke atas sekitar 65 derajat. Percobaan sebelumnya juga pernah di lakukan oleh pihak yang berbeda namun mengalami kegagalan karena patahnya sayap pesawat. Seperti halnya pesawat yang terbuat dari kertas, posisi itu menghasilkan bentuk aerodinamis yang sangat stabil sekaligus menciptakan tahanan luar biasa yang mampu mengerem pesawat saat memasuki atmosfer bumi.


Meski begitu, badan pesawat tidak menjadi terlalu panas karena terbuat dari bahan yang sangat ringan, namun sangat kuat . terbuat dari komposit karbon. Perlindungan panas tambahan untuk meminimalisir panas yang ditimbulkan akibat gesekan dengan lapisan atmosfer juga bisa dihindari.

Pilot bahkan bisa melepaskan tangannya dari gagang kendali pesawat ketika pesawat berada dalam posisi melayang yang tepat. Pasalnya, pada posisi tersebut pesawat bisa terbang dengan sangat stabil dan menembus atmosfer secara alami hanya dengan mengandalkan bentuknya yang aerodinamis. Ini merupakan fitur keamanan yang sangat menguntungkan karena pilot tidak harus menjaga posisi pesawat pada kemiringan tertentu atau harus bergantung pada sistem komputer.



Dalam video yang dirilis Virgin Galactic, terlihat pesawat SpaceShip Two yang dijatuhkan dari pesawat penarik WhiteKnightTwo pada ketinggian 51.500 kaki. Meski terlihat melayang dengan ringan seperti bulu, pesawat itu sebenarnya tengah meluncur ke bawah dengan kecepatan 15.500 kaki per menit. Tahanan aerodinamis yang dihasilkan berhasil mengurangi kecepatan pesawat dengan sangat signifikan.
untuk lebih jelasnya silahkan berkunjung ke wb resmi nya : http://www.virgingalactic.com
atau lihat video berikut ;



source : national gepgraphic

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost