Sabtu, 12 Maret 2011

KORELASI DOSA MANUSIA DAN BENCANA ALAM

Ahir- ahir ini banyak sekali bencana alam terjadi hampir di seluruh belahan bumi,kita telah banyak melihat kehancuran dasyat yang ditimbulkan baik oleh tsunami, gempa bumi, gunung meletus,angin puting beliung dsb. Banyak sekali korban luka ataupun meninggal secara mendadak dalam kondisi menggenaskan.Tapi di lain sisi banyak sekali prilaku manusia yang menyimpang dari tuntunan agama, Maraknya Prostitusi, Perjudian, Korupsi,Menikahi atau berhubungan dg sesama jenis , Miras dsb.Melihat kondisi tersebut membuat saya berpikir Apakah ada hubungan antara DOSA yang dilakukan manusia dengan Bencana alam?
Setelah saya telusuri ternyata semuanya sudah di jelaskan dengan gamblang di dalam Al Qur'an surat ASY SYU'ARA, termasuk contoh kaum  yang telah di musnahkan oleh Allah karena dosa yang mereka lakukan

  1. KORUPSI DAN MENGURANGI TIMBANGAN
contoh kaum yang suka korupsi, mengurangi timbangan atau takaran dan suka mengambil hak orang lain adalah kaum  nabi syuaib RA.yang telah di peri peringatan namun mereka tidak melaksanakanya dan bahkan mencemoohnya.. di jelaskan dalam QS Asy s'uara ayat 181 s/d 183.
" ketika Syuaib berkata kepada mereka: “Mengapa kamu tidak bertakwa?,"

أَوْفُوا الْكَيْلَ وَلَا تَكُونُوا مِنَ الْمُخْسِرِينَ , وَزِنُوا بِالْقِسْطَاسِ الْمُسْتَقِيم ,
وَلَا تَبْخَسُوا النَّاسَ أَشْيَاءَهُمْ وَلَا تَعْثَوْا فِي الْأَرْضِ مُفْسِدِينَ 
Artinya :
  • "Sempurnakanlah takaran dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang merugikan; (181)
  • dan timbanglah dengan timbangan yang lurus.(182)
  • Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan";(183)
Kemudian turunlah Adzab berupa Hujan Badai dari Allah yang telah membinasakan sebagian besat dari Meraka dijelaskan dalam surat yang sama .
فَكَذَّبُوهُ فَأَخَذَهُمْ عَذَابُ يَوْمِ الظُّلَّةِ
Artinya: "Kemudian mereka mendustakan Syuaib, lalu mereka ditimpa azab pada hari mereka dinaungi awan. Sesungguhnya azab itu adalah azab hari yang besar".ayat (189)

2. HOMO SEXSUAL ( GAY / LESBI )
Hal ini telah di contohkan oleh kaum nabi LUTH, mereka lebih suka berhubungan dengan laki2 dan meninggalkan istri - istri mereka.

تَأْتُونَ الذُّكْرَانَ مِنَ الْعَالَمِين , وَتَذَرُونَ مَا خَلَقَ لَكُمْ رَبُّكُم مِّنْ أَزْوَاجِكُم
Artinya; .(165,166)
"Mengapa kamu mendatangi jenis lelaki di antara manusia, dan kamu tinggalkan isteri-isteri yang dijadikan oleh Tuhanmu untukmu, bahkan kamu adalah orang-orang yang melampaui batas”.
Kemuadian Allah turunkan azab kepada mereka berupa hujan batu yang sangat dahsyat

وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِم مَّطَرًا ۖ فَسَاءَ مَطَرُ الْمُنذَرِينَ
Artinya;(173)
"Dan Kami hujani mereka dengan hujan (batu) maka amat jeleklah hujan yang menimpa orang-orang yang telah diberi peringatan itu."

3. DZOLIM DAN MERUSAK ALAM

Contoh dari hal ini adalah kaum HUD,dan kaum TSAMUD yang di jelaskan dalam surat yang sama ;
  • "Apakah kamu mendirikan pada tiap-tiap tanah tinggi bangunan untuk bermain-main,(128)
  • "dan kamu membuat benteng-benteng dengan maksud supaya kamu kekal (di dunia)? "(129)
  •  "Dan apabila kamu menyiksa, maka kamu menyiksa sebagai orang-orang kejam dan bengis."(130)
  • "dan janganlah kamu mentaati perintah orang-orang yang melewati batas,*yang membuat kerusakan di muka bumi dan tidak mengadakan perbaikan “(151,152)
 Kemudian Allah menimpakan azab kepada mereka hingga binasa, dan banyak bukti peninggalan sejarah tentang kaum tsamud dan hud juga kaum ad.

فَكَذَّبُوهُ فَأَهْلَكْنَاهُمْ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً ۖ وَمَا كَانَ أَكْثَرُهُم مُّؤْمِنِينَ
Artinya: "Maka mereka mendustakan Hud, lalu Kami binasakan mereka. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah), tetapi kebanyakan mereka tidak beriman. " (139)

4. MUSYRIK

Contoh dari hal ini adalah kaum nabi NUH alaihissalam, tentu para pembaca sudah banyak mendengar cerita tentang nabi nuh dan kaumnya.bahkan konon sudah di temukan jejak perahu nabi nuh.dalam surat ini ada sepenggal dialog antara nabi nuh dan kumnya dalam ayat 105- 109

" Ketika saudara mereka (Nuh) berkata kepada mereka: “Mengapa kamu tidak bertakwa? Sesungguhnya aku adalah seorang Rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku”. Dan aku sekali-kali tidak minta upah kepadamu atas ajakan-ajakan itu; upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam, (105-109) 
Mereka berkata:” Apakah kami akan beriman kepadamu, padahal yang mengikuti kamu ialah orang-orang yang hina? ” (111)

Kemudian Allah turunkan azab kepada mereka berupa Air bah ( TSUNAMI) sehingga hampir menenggelamkan seluruh daratan yang ada.

فَأَنجَيْنَاهُ وَمَن مَّعَهُ فِي الْفُلْكِ الْمَشْحُونِ * ثُمَّ أَغْرَقْنَا بَعْدُ الْبَاقِينَ
Artinya:  (119- 121)
" Maka Kami selamatkan Nuh dan orang-orang yang besertanya di dalam kapal yang penuh muatan., Kemudian sesudah itu Kami tenggelamkan orang-orang yang tinggal. , Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah), tetapi kebanyakan mereka tidak beriman."
  
Masih banyak lagi kisah - kisah dalam Al qur'an yang menceritakan betapa suatu kaum atau negeri di timpa azab berupa bencana alam di karenakan dosa- dosa yang mereka lakukan telah melampui batas. dari beberapa contoh dosa di atas yang manakah yang belum ada atau di lakukan oleh penduduk dunia ini. saya rasa semuanya sudah.dan bahkan masih banyak lagi dosa2 yang lainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost